Penyegaran Kader Kesehatan di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera

Suasana kegiatan penyegaran kader kesehatan | Foto:DCD

Bumi Dipasena Sejahtera – Guna meningkatkan pengetahuan para kader dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di masing-masing Kampung. Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang melakukan Pembinaan dan penyegaran kader Kesehatan di aula kantor kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, dengan dihadiri Kepala Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang, Kader kesehatan Bumi Dipasena Sejahtera, Kader kesehatan Bumi Dipasena Abadi dan Bidan Kampung, Kamis (14/3/2019).

Dalam sambutannya, Dinas Kesehatan Tulang Bawang, Nyoman mengatakan kegiatan penyegaran ini sangat bagus dilaksanakan dan harus dilaksanakan secara continue karna bertujuan untuk merefres kembali para kader kesehatan yang merupakan sebagai ujung tombak penggerak posyandu dimasing masing Kampung. “Karena peningkatan derajat kesehatan masyarakat, merupakan salah satu visi dan misi Bupati Tulang Bawang Hj Winarti SE MH. Peran para kader kesehatan di posyandu diharapkan bisa lebih dimaksimalkan, dalam menunjang kegiatan dan program kesehatan di wilayahnya masing-masing”, Ungkapnya.

Penyampaian materi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang | Foto:DCD

Materi yang disampaikan tentunya diharapkan dapat menambah pengetahuan para kader-kader kesehatan yang tentunya nanti bertugas mentransfer informasi yang didapatkan kepada masyarakat/ penduduk yang ada di Kampungnya masing masing. Kegiatan inipun berlangsung sangat aktraktif, para kader berlomba lomba mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya kepada pemateri.

Dengan terbentuknya kader kesehatan, pelayanan kesehatan yang selama ini dikerjakan oleh petugas kesehatan saja dapat dibantu oleh masyarakat. Dengan demikian masyarakat bukan hanya merupakan objek pembangunan, tetapi juga merupakan mitra pembangunan itu sendiri. Selanjutnya dengan adanya kader, maka pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan sempurna berkat adanya kader, bahwa pembentukan kader adalah perwujudan pembangunan dalam bidang kesehatan.

1. Kader Posyandu Balita

Kader yang bertugas di pos pelayanan terpadu (posyandu) dengan kegiatan rutin setiap bulannya melakukan pendaftaran, pencatatan, penimbangan bayi dan balita.

2. Kader Posyandu Lansia

Kader yang bertugas di posyandu lanjut usia (lansia) dengan kegiatan rutin setiap bulannya membantu petugas kesehatan saat pemeriksaan kesehatan pasien lansia.

3. Kader Masalah Gizi

Kader yang bertugas membantu  petugas puskesmas melakukan pendataan, penimbangan bayi dan balita yang mengalami gangguan gizi (malnutrisi).

4. Kader Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Kader yang bertugas membantu  bidan puskesmas melakukan pendataan, pemeriksaan ibu hami dan anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan (penyakit).

5. Kader Keluarga Berencana (KB)

Kader yang bertugas membantu  petugas KB melakukan pendataan, pelaksanaan pelayanan KB kepada pasangan usia subur di lingkungan tempat tinggalnya.

Tujuan Pembentukan Kader yaitu dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, khusus di bidang kesehatan, bentuk pelayanan kesehatan diarahkan pada prinsip bahwa masyarakat bukanlah sebagai objek akan tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada hakekatnya kesehatan dipolakan mengikut sertakan masyarakat secara aktif dan bertanggung jawab.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan