Woow…!!! Posyandu Lansia di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera Dapat Susu Anlene

Kader Posyandu tampak sedang melakukan tensi darah kepada peserta lansia | Foto:Muhai

Bumi Dipasena Sejahtera – Demi meningkatkan kesejahteraan kesehatan dimasyarakat, Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang rutin melaksanakan Posyandu Lansia setiap bulan yang dilakukan di Balai Posyandu Melati infra 12/13 Kampung Bumi Dipasena Sejahtera dan diikuti peserta 100 lansia dengan sasaran Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), Kelompok usia , lanjut (60 tahun keatas), Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas), Jum’at (22/2/2019).

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Dengan pelayanan yang diberikan, akan membantu terjaganya kesehatan para lansia di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera. Warga tampak antusias dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia. Mereka sangat menyadari pentingnya menjaga dan memeriksakan kesehatan.

Selain melakukan pemeriksaan, Peserta lansia juga di berikan susu anlene oleh kader posyandu | Foto:Muhai

Kader lansia Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Sunarti mengatakan, Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia bulan ini meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik, penambahan gizi dan pemberian susu anlene. “Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan agar derajat kesehatan lansia khususnya lansia di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera dapat meningkat menuju taraf kesehatan optimal sehingga dapat meningkatkan Usia Harapan Hidup (UHH) karena UHH merupakan salah satu indikator derajat kesehatan pada suatu negara,” Harapnya.

Tujuan adanya posyandu lansia ini adalah meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Selain itu juga mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut. Sedangkan manfaat dari posyandu lansia adalah pengetahuan lansia menjadi meningkat, yang menjadi dasar pembentukan sikap dan dapat mendorong minat atau motivasi mereka untuk selalu mengikuti kegiatan posyandu lansia sehingga lebih percaya diri dihari tuanya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan