Melalui Swadaya, Warga RT 007 RW 002 Kampung Bumi Dipasena Sejahtera nikmati jalan mulus

Proses pengecoran jalur 14 RT007 RW002 Kampung Bumi Dipasena Sejahtera | Foto:Dinawan.CD

Bumi Dipasena Sejahtera – Pembangunan suatu daerah tidak selalu bergantung pada dana pemerintah saja, Dana swadaya masyarakat juga ternyata bisa menjadi alternatif. hal ini sudah dibuktikan oleh warga RT 007 RW 002 Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang. mereka mampu membangun jalan cor di jalurnya sepanjang 1.400 km , lebar  30 cm dan ketebalannya mencapai 10 cm ini murni secara swadaya dan menghabiskan dana lebih kurang 40 juta rupiah, Selasa (14/1/2019).

Pembangunan jalan cor tersebut dimulai sejak sebulan lalu sedangkan untuk pengerjaannya sudah mencapai 60 persen. Dana pembangunan bersumber dari swadaya masyarakat melalui potongan hasil panen lima kilo udang per-kk. sedangkan untuk pengerjaannya pun tidak di upahkan melainkan dilakukan secara bergotong royong guna mempunyai rasa memiliki. mereka berinisiatif mengumpulkan dana tersebut karena jalan di wilayahnya yang sangat sulit di lalui saat musim hujan tiba.

Sebagian jalan yang sudah selesai di cor | Foto:Dinawan.CD

Ketua Rt 007 Sahidin mengatakan, Sadar akan memajukan wilayahnya, maka akses jalan menjadi kunci utama, “semakin mudah diakses maka wilayah tersebut akan mudah dikenal masyarakat luar khususnya masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera untuk menjadikan jalan utama menjadi mudah di akses. Alasan inilah yang menggugah semangat kami, bila kesadaran masyarakat untuk swadaya makin tinggi, angka kemiskinan akan terus berkurang”, katanya

Di sampaikan oleh Wasirun warga RT 007 mengatakan, Pembangunan jalan jalur tersebut menggunakan konstruksi cor beton supaya berkualitas dan hasil yang maksimal. “Jalan ini setiap saat dilalui berbagai jenis muatan yang berbeda, seperti muatan pakan dan minyak solar. Mudah-mudahan dengan dicornya jalan jalur ini tidak merasa kesulitan lagi jika ingin melintas, karena dengan kontruksi seperti ini dapat memaksimalkan kualitas jalan, sehingga mampu menahan beban kendaraan dan muatan serta nyaman tidak becek lagi jika musim hujan tiba. walaupun jalan yang kita bangun ini tidak sekaligus rampung karena jangka panen udang warga RT007 tidak bersamaan setidaknya jalan rusak sudah berkurang,” pungkasnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan