Melalui penyuluhan lima pilar, Masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera bakal hidup lebih sehat

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) | Foto:DCD

Bumidipasenasejahtera.desa.id | Dinas Kesehatan Puskesmas Rawajitu Timur melakukan penyuluhan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di pendopo Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, dengan diikuti peserta kader PKK, Kader Posyandu dan ibu-ibu anggota senam. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya kesehatan serta menjaga lingkungan yang bersih dan sehat khususnya bagi masyarakat Kampung Bumi Dipasea Sejahtera, Jum’at (07/12/2018) pagi.

Menurut Evi Fatmawati bidan puskesmas Rawajitu Timur menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi ini kami adakan untuk melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas kesehatan bagi masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera. STBM merupakan suatu pendekatan untuk mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan dengan metode pemicuan, untuk sanitasi total di komunitas dengan pendekatan 5 Pilar STBM. “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini merupakan salah satu upaya kami guna menggerakkan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat melalui perilaku yang bersih,” Paparnya.

Suasana penyuluhan saat peserta di berikan contoh cara mencuci tangan dengan baik dan benar oleh bidan Rawajitu Tumur |Foto:DCD

Melalui penyuluhan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini, Para peserta benar-benar di beri penjelasan serta diberikan contoh oleh salah satu bidan cara menjaga kesehatan mereka maupun keluarganya mulai dari mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, pengamanan limbah cair rumah tangga, yang mana kelima hal tersebut merupakan pendekatan 5 Pilar (STBM). tak hanya itu, para bidan juga memberikan hadiah bagi peserta yang lulus dalam perktek cara mencuci tangan dengan baik benar.

Strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) itu sendiri adalah upaya dalam rangka percepatan peningkatan akses terhadap sanitasi dasar di Indonesia sebagaimana tercantum dalam  RPJMN tahun 2015-2019 adalah tersedianya universal access atau cakupan akses sebesar 100%  untuk air minum dan juga sanitasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan