274 Siswa-Siswi SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera, Kecipratan Telor Dan Susu

Pelaksanaan Program PMT-AS di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera

Bumidipasenasejahtera.desa.id | Pembangunan pendidikan menempati peran sangat strategis dalam upaya membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Program tersebut dapat dicapai apabila didukung oleh kualitas SDM yang unggul yaitu dengan tingkat kesehatan peserta didik yang baik.

Wajah ceria Siswa-siswi SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera, pasca pembagian paket PMT-AS || foto.dok-doey

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan sekaligus memperbaiki status gizi peserta didik melalui kegiatan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) bagi anak sekolah yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan beberapa Kementerian/Lembaga terkait.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2010 tentang “Percepatan PelaksanaanPrioritas Pembangunan Nasional” Pemerintah telah memasukkan prioritas tersebut sebagai salah satu program perbaikan gizi siswa

PMT-AS (Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah) bisa didefinisikan adalah program perbaikan asupan gizi peserta didik di jenjang TK (taman kanak-kanak)/SD (sekolah dasar) dan RA (Raudhatul atfal)/MI (Madrasah Ibtidayah) bagi daerah-daerah tertinggal.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan gizi, program ini pun berguna untuk mengenalkan anak-anak dengan makanan yang sehat dan bergizi”  ucap Sri Rahayu sebagai Kepala Sekolah yang terletak di penghujung timur Lampung, saat pelaksanaan pembagian Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahap ke 4, di SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera (Jum;at, 07/11/2018).

Wajah ceria Siswa-siswi SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera, pasca pembagian paket PMT-AS || foto.dok-doey

Tak kurang dari 274 siswa-siswi SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera menerima paket PMT-AS, yang masing-masing berisi 2 butir telur dan 3 kotak susu. “Harapan kami, program seperti PMT AS ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya” lanjut Sri Rahayu.

Pelaksanaan PMT-AS  menjadi tanggung jawab sekolah, guru UKS (Unit Kesehatan Sekolah), Komite Sekolah, di bawah pengawasan Tim Koordinasi PMT-AS Kecamatan.

Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS), mempunyai persyaratan diantaranya harus mengandung 10-20 persen kalori dari kebutuhan kalori dan protein siswa serta mengandung energi 300 kilo kalori dan lima gram protein. Selain itu, makanan juga harus terjamin kesehatannya, dan cita rasanya disesuaikan dengan target penerimanya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan