Puskesmas Rawajitu Timur gelar Kampanye Imunisasi Campak Rubella[MR]

Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella | Foto:by.Google

Bumidipasenasejahtera.desa.id | Dalam rangka mensukseskan program Nasional Indonesia bebas Campak 2020. Puskesmas Rawajitu Timur menggelar Kampanye Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella (MR) di Aula Kecamatan Rawajitu Timur, Rabu (25/7/2018). Hadir dalam kegiatan kampanye Campak Rubella tersebut, Camat dan kasi pemerintahan Kampung, Kepala UPTD Puskesmas Rawajitu Timur, Anggota TNI, BPP P3UW, Dokter puskesmas dan Bidan, Dinas Pendidikan, Serta kader PKK dan pihak terkait lainnya.

Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak/Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap kedua penyakit tersebut. Campak dan rubella merupakan jenis penyakit yang tidak dapat diobati (virus penyebab penyakit tidak dapat dibunuh), maka Imunisasi MR ini adalah pencegahan terbaik bagi keduanya. Vaksin yang digunakan pada program imunisasi dari pemerintah ini telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia.

Peserta yang menghadiri kampanye Sosialisasi Imunisasi Campak Rubela[MR] | Foto:Evi Fatmawati

Dalam sambutannya, Kepala UPTD Puskesmas Rawajitu Timur Sabar Sitorus.Amd.Kep mengatakan kegiatan ini merupakan langkah positif sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang vaksin baru (MR) guna menghindari masyarakat dari penyakit campak rubella. Walau belum ditemukan serangan campak maupun rubella, ia memastikan pemberian vaksin imunisasi dan rubella tetap dilakukan karena tidak menutup kemungkinan terjadi kematian, “saya berharap semua harus bersedia di imunisasi karna jika tidak berdsedia di imunisasi akan menular jika terkena pernyakit tersebut,”paparnya.

Mengingat luasnya wilayah di Bumi Dipasena, Ia juga menyampaikan kepada jajaran BPP P3UW, Yang turut hadir dalam kampanye campak rubella tersebut untuk memberitahukan kepada masyarakat Dipasena bahwa akan dilaksanakan imunisasi campak rubella menggunakan saluran radio milik P3UW , “Ungkap Sabar Sitorus.Amd.Kep Kepala UPTD Puskesmas Rawajitu Timur.

Sosialisasi imunisasi campak rubella di buka oleh Kepala UPTD Puskesmas Rawajitu Timur | Foto: Dinawan.Cd

Sementara Dokter Dedy saat memberikan materi pada peserta kampanye sosialisasi imunisasi campak rubella, mengatakan imunisasi itu berfungsi melindungi tubuh dari penyakit sekaligus campak & Rubella. Diketahui bahwa Kampanye Imunisasi Measles Rubella sendiri merupakan suatu kegiatan secara massal sebagai bentuk upaya dalam memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia sembilan bulan sampai lima belas tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Saya berharap setelah pertemuan ini seluruh peserta pertemuan dapat ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kampanye MR di Kecamatan Rawajitu Timur, “tegas Dr.Dedy kepada para peserta sosialisasi.

Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat cost efektive, Banyak kematian dan kecacatan yang di sebabkan oleh penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi. Salah satu tujuan utama the World Healt Assembly WHA yaitu pencapaian target eleminasi penyakit baik secara global maupun regional dan indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eleminasi campak dan pengendalian rubella/kecacatan bawaan akibat rubella,”tutup Dr.Dedy.

#Jadwal Imunisasi Campak Rubella untuk Kampung Bumi Dipasena Sejahtera yang akan di laksanakan di aula SD dan TK pada tanggal 30-31 Agustus dan 1 September.

“Mau tidak mau suka tidak suka anak itu harus di imunisasi

Biarlah menangis sebentar dari pada menangis selamanya”

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan