Awal Agustus anak sekolah gratis tarif jembatan 01

Jembatan satu Kampung Bumi Dipasena Sejahtera tampak atas |Foto:Dinawan.cd

Bumidipasenasejahtera.desa.id | Jembatan satu Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang yang di resmikan pada tanggal 1 Januari 2018 lalu oleh Aprianto Harmaidi Kepala Kampung Bumi Dipasena Sejahtera. Pembangunan jembatan tersebut ditujukan untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera maupun tamu yang melintas. Tarif yang di bandrol jembatan satu untuk kendaraan bermotor tanpa muatan berat yakni Rp.5000 pulang pergi (PP), Bermuatan obrok dikenakan tarif Rp.20.000 PP,  Pada saat rapat persiapan pemilihan RT dan RW 15 Juli 2018 lalu Aprianto Harmaidi  telah meresmikan jembatan satu GRATIS melintas khusus anak sekolah mulai tanggal 1 Agustus 2018 mendatang, Yang mana dalam kesepakatan sebelumnya khusus anak sekolah di kenakan tarif sebesar Rp.2000 pulang pergi. (21/7)

Aprianto Harmaidi juga berharap kepada siswa/siswi SMA dan SMP dengan gratisnya jembatan satu dapat menambah semangat untuk berangkat kesekolah karna uang yang biasanya untuk membayar jembatan bisa di manfatkan siswa/siswi untuk menambah uang jajan ataupun di tabung sehingga dapat meringankan pengeluaran para orang tua. Namun dalam arti gratis melintas bukan berarti main juga gratis karna sistim gratis ini hanya berlaku saat berangkat dan pulang sekolah saja, Di luar itu tetap di kenakan tarif normal Rp.5000, “paparnya.

Siswa/Siswi Kampung Bumi Dipasena Sejahtera saat pulang dari sekolah |Foto:Emilia

Bendahara Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Ansori, juga menyampaikan “Demi kelancaran dan suksesnya jembatan satu, kembali saya tegaskan kepada ketua RT bagi yang belum melunasi saham yang mana telah kita sepakati bersama  pada saat musrembang bulan Januari lalu saya harap agar secepatnya di selesaikan. Karna saham tersebut akan segara di gunakan untuk penyempurnaan jembatan satu, Yang saat ini masih belum 100% kondisinya dan setelah selesai penyempurnaan nanti, sisa dari saham yang sudah masuk juga akan kembali di bagikan per-rt. penyempurnaan yang akan di laksanakan diantaranya mulai dari pembuatan dek di area jembatan, karna tepi kanal tersebut akan habis terkikis ombak dan akan berdampak buruk pada pondasi jembatan, selain itu akan ada penambahan tiang penyangga jembatan karna saya rasa tiang yang saat ini belum benar-benar kokoh 100%, Pagarnya juga akan di tambah pipa besi di sepanjang jembatan agar tidak berbahaya bagi pengendara yang melintas, dan pemberian aspal pada lantai jembatan sebagai penghambat licin saat turun hujan tiba, “Tandasnya.

Jembatan satu Kampung Bumi Dipasena Sejahtera tampak dari dasar lantai |Foto:Dinawan.Cd

Jembatan satu Kampung Bumi Dipasena Sejahtera adalah sarana penyebrangan paling utama bagi masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera itu sendiri maupun tamu, Membentang panjang 100 meter jembatan ini merupakan jembatan gantung pertama kalinya di Bumi Dipasena yang di bangun menggunakan dana swadaya ini memakan waktu yang cukup lama yakni lima bulan lebih dan menghabiskan dana anggaran sebesar 1,5milyar.

Jembatan tersebut menggunakan konstruksi seling berukuran besar yang ditopang oleh menara kembar setinggi 18 meter dan pondasi 6×6 meter persegi. Lantai jembatan menggunakan besi seng selebar dua meter, Untuk mengakomodasi kendaraan air yang melintasi kanal, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi lima meter dari permukaan air. Pada bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak.

 

#DCD

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan