Kartini Pesisir Timur, mendamba Terbitnya Terang bila malam tiba.

Semarak Peringatan hari Kartini

bumidipasenasejahtera.desa.id || 21 April, hampir bisa dipastikan seluruh rakyat Indonesia tahu peristiwa apa yang terjadi ditanggal itu? Ya, 21 April adalah hari dimana seorang tokoh pelopor kebangkitan perempuan yang lebih dikenal dengan nama emansipasi wanita Indonesia dilahirkan. Sosok yang lebih dikenal dengan nama Raden Adjeng Kartini ini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879.

Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Kartini di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. (sumber:wikipedia)

Dalam rangka memperingati dan meneladani sosok Raden Adjeng Kartini, di SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera, hari Sabtu yang lalu (21/04/2018) melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan emansipasi wanita Indonesia ini.

Upacara pada peringatan Hari Kartini di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera
Upacara peringatan Hari Kartini di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera

“Walaupun kita berada jauh di pesisir timur Lampung, sebagai generasi penerus bangsa ini, kita wajib menghormati dan meneladani jerih payah Ibu kita Kartini, yang telah menjadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia dari keterbelakangan menuju alam kesetaraan.” demikian sekelumit sambutan Pembina Upacara (Sri Rahayu, S.Pd, SD, Kepala Sekolah SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera), pada pelaksanaan Upacara Peringatan hari kelahiran Raden Adjeng Kartini.

Photo Bersama selepas upacara Hari Kartini di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera
Photo Bersama selepas upacara Hari Kartini di SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera

Usai Upacara, Siswa-siswi yang diwajibkan memakai pakaian adat, didampingi para Guru dan Wali Murid, melakukan pawai yang dimulai dan diakhiri di lapangan upacara SD Negeri 01 Bumi Dipasena Sejahtera. Alunan lagu Ibu Kita Kartini pun berkumandang ke angkasa iringi ayunan langkah demi langkah Kartini muda Dipasena.

Pawai Siswa-siswi SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera
Pawai Siswa-siswi SDN 01 Bumi Dipasena Sejahtera

“Habis gelap terbitlah terang” buku yang diterbitkan Balai Pustaka ini, terasa sangat selaras dengan harapan para Kartini muda dari Pesisir Timur Lampung ini. Mengingat hingga dengan sekarang kawasan yang berada di pantai timur Lampung ini, belum juga teraliri listrik. Rasanya teramat wajar bila masyarakat kawasan ini masih sangat mendambakan terbitnya terang jika malam menjelang. ||doey.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan