Puluhan Ibu-ibu Padati Poskedes Kampung Bumi Dipasena Sejahtera

Pemeriksaan IVA ibu-ibu datangi Poskedes Bumi Dipasena Sejahtera |Foto :Dinawan Cd

Dalam rangka meningkatkan kesehatan reproduksi  wanita, petugas kesehatan Puskesmas Rawajitu Timur mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat IVA di Poskedes Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang pada hari Rabu tanggal 11 April 2018 lalu.

 

Penyuluhan IVA ini bertujuan agar masyarakat di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang mengetahui secara luas mengenai kanker serviks, sehingga mayarakat terutama wanita nantinya mengetahui apa itu kanker serviks, penyebab, pencegahan, resiko, deteksi dini, dan pengobatannya, “Kata Evi selaku bidan kampung Bumi Dipasena Sejahtera.

Hal ini dikarenakan angka kejadian kanker serviks di Indonesia masih mencapai angka yang cukup tinggi sehingga diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera tentang kanker serviks, serta memberikan motivasi untuk melakukan deteksi dini secara rutin, “Tambahnya.

 

Suasana pemeriksaan IVA |Foto :Dinawan Cd

Kegiatan ini di sambut gembira oleh masyarakat kampung bumi dipasena sejahtera karna dengan adanya pemeriksaan IVA ini ibu-ibu menjadi tahu apa itu penyakit kanker leher rahim/kanker mulut rahim. karena penyait ini sangat berbahaya jika di biarkan. Penyakit ini akan menyebabkan kematian jika dibiarkan saja. Banyak wanita yang meninggal hanya karena penyakit ini. Penyebab utama penyakit ini yaitu adanya suatu virus Human Papilloma Virus atau HPV yang menyerang jaringan leher rahim. Kesulitan mengenali gejala awal dari penyakit ini menjadi faktor keterlambatan penanganan tersebut. Kebanyakan orang baru menyadari adanya penyakit kanker serviks ketika berada di stadium lanjut. Maka dari itu kami dari pihak Tim Pusat Kesehatan Masyarakat Rawa Jitu Timur mengadakan penyuluhan tersebut agar kaum wanita tidak terlambat dalam mengetahui penyakit berbahaya tersebut.

adapun ciri-ciri yang terserang penyakit kanker leher rahim/kanker mulut rahim ini adalah sebagai berikut:

  1. Rasa sakit pada mulut rahim
  2. Terjadi pendarahan yang tidak normal
  3. Mengalami keputihan yang tidak biasa
  4. Mengalami nyeri panggul
  5. Merasakan sakit pada saat berhubungan intim
  6. Frekuensi BAK mengalami peningkatan
  7. Mengalami kesulitan ketika buang air kecil
  8. Mengalami gangguan pencernaan
  9. Kehilangan nafsu makan
  10. Mengalami kelelahan

Sebelum terkena penyakit tersebut kita semua dapat melakukan pencegahan sebagai berikut:

  1. Membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang cukup, serta menghindari makanan yang mengandung zat – zat kimia.
  2. Senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan selalu melakukan sanitasi atau pembersihan di lingkungan sekitar, karena dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih akan menghindarkan kita dari virus atau kuman yang berbahaya bagi tubuh.
  3. Jangan melakukan pembersihan organ kewanitaan dengan air yang berada dalam kondisi tidak bersih atau kotor, karena kuman yang ada dalam air tersebut akan merusak organ kewanitaan.
  4. Kurangi atau hilangkan kebiasaan merokok, karena kita ketahui bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker serviks.
  5. Hindari melakukan hubungan intim di usia dini dan tidak melakukan seks bebas, karena penyakit ini dapat ditimbulkan dari perilaku seks bebas yang terjadi ketika berganti – ganti pasangan.
  6. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung beta – karoten seperti sayuran, serta mengkonsumsi vitamin C dan E, hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus penyebab penyakit kanker serviks.

Dengan diadakannya penyuluhan ini semoga kaum wanita selalu sehat dan tidak terkena penyakit yang mematikan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, karena sehat itu penting dan mahal.

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan