penyuluhan Hukum terpadu Timur Selatan

Kegiatan Penyuluhan Terpadu untuk mewujudkan masyarakat sadar hukum |Foto :Dinawan Cd

Setelah  diterbitkannya  Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang kampung beserta peraturan-peraturan pelaksanaannya tentu akan memberikan pedoman khusus terhadap kampung serta membawa perubahan konstruksi hukum dalam penyelenggaraan Pemerintahan kampung (Pemkam). Maka dari itu Bagian Hukum Setda Kabupaten Tulang Bawang menghadirkan penyuluhan ini dengan tema “Melalui Penyuluhan Terpadu Kita Wujudkan Masyarakat Sadar Hukum“, yang di laksanakan pada hari ini Rabu 04/04 bertempat di aula Kantor Kampung Gedung Karya Jitu.

Peserta Penyuluhan Hukum terpadu Tahun 2018 di Kecamatan Rawajitu Timur dan Kecamatan Rawajitu Selatan yang di hadiri lebih dari 100 aparatur kampung ini terdiri dari, unsur pemerintahan kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, TP PKK dan gerakan pemuda kampung.

Peserta penyuluhan terpadu |Foto : Vickyko R.P

Narasumber terdiri dari Polres Tulang Bawang, Kejaksaan Negeri Tulang Bawang, Badan Pertanahan Tulang Bawang dan juga dari Pengadilan Agama Tulang Bawang. Materi yang disampaikan meliputi tipidkor, korupsi, pertanahan dan pernikahan, Hal tersebut akan disampaikan oleh pihak terkait dalam sesi penyampaian materi.

Dalam sambutannya Camat Rawajitu Timur, Amad, M.Pd. mengatakan, penyuluhan hukum merupakan salah satu kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyuluhan Hukum sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat serta aparatur, dibidang hukum.

penyampaian materi yang berkaitan tentang hukum oleh Anuari, SH, MH Kabag Hukum Setda Kab. Tulang Bawang |Foto:Dinawan Cd

Dari kegiatan ini pemateri memberikan kesempatan waktu untuk bertanya di akhir acara pada peserta penyuluhan terpadu,terdapat tiga pertanyaan yang salah satunya yaitu BPK Bumi Dipasena Mulya bapak manto yang pertanyaanya menyangkut tentang pelayanan samsat / saat membayar pajak dengan alasan jarak tempuh yang cukup jauh ia berharap agar pelayanan ini bisa di permudah. dengan singkat Bapak Dulhafid, S.Pd kasat binmas polres Tulang Bawang ini menanggapi pertanyaan tersebut, “kami sudah berupaya secara maksimal, kita juga ada pembuatan sim/membayar pajak secara keliling, itu adalah salah satu tujuan kami agar masyarakat lebih mudah saat membuat sim ataupun pembayaran pajak, ”ujarnya.

Dalam penutupanya Anuari, SH. MH.M.Si setda Kabupaten Tulang Bawang berharap agar aparat dan masyarakat yang hadir untuk mengetahui serta memahami peraturan perundang-undangan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan kesadaran hukum aparatur dalam sikap dan perilaku yang patuh dan taat terhadap hukum serta menghormati HAM.

   #DCD

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan