Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, lakukan rutinitas posyandu Lansia

suasana pemeriksaan di balai posyandu infra 12/13 Bumi Dipasena Sejahtera |Foto:Evi

Pelaksanaan Posyandu Lansia di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu 21 Maret 2018 bertempat di balai posyandu Infra 12/13 tepat pukul 08.00 Wib, Kader posyandu lansia Bumi Dipasena Sejahtera dengan sigap melaksanakan pemeriksaan tensi dan pemeriksaan kesehatan lainnya. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan taraf kesehatan para orang tua atau lansia sehingga usia harapan hidup masyarakat menjadi tinggi,”Kata bidan Evi.

Warga Kampung Bumi Dipasena Sejahtera yang ikuti dalam kegiatan ini mengaku senang dengan aktifnya kegiatan Posyandu Lansia yang selalu rutin di lakukan Per-tiga bulan sekali ini.“ Sebab dalam kegiatan tersebut selain kita mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis juga mendapat wawasan dan ilmu baru yang diberikan para pegawai puskesmas,”ujarnya.

sebelum periksa lebih jauh lansia tensi darah terlebih dahulu |Foto:Evi

Sasaran program tersebut adalah kelompok para-usia lanjut 45–59 tahun dan kelompok usia lanjut kurang lebih 60 tahun ke atas. Kemudian, sasaran tidak langsungnya adalah keluarga usia lanjut dan organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut. Pada kegiatan posyandu lansia di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera ini hanya di ikuti beberapa orang dengan jumlah 43 orang saja, tak hanya di periksa dan timbang menimbang saja pihak kesehatan yang bertugas pun  memberikan Vitamin seperti vitamin kalsium, vitamin penambah darah, vitamin B1 yang berbentuk tablet.

penjelasan dan pendataan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan |Foto:Evi

Tujuan dari pemberian vitamin kalsium ini adalah  untuk mencegah terjadinya osteoporosis sangat di anjurkan untuk banyak mengkonsumsi cukup kalsium. Kalsium ini juga terdapat di susu, jika ingin mencegah sakit pada tulang di anjurkan untuk selalu minum susu secara rutin. sedangkan untuk kalsium penambah darah ini bertujuan untuk mencegah darah rendah karena darah rendah ini sangat sering terjadi pada orang yang lanjut usia, kekurangan darah ini dapat menyebabkan pusing,mual dan lemas. Vitamin penambah darah ini dapat di dapatkan dari sayuran dan buah-buahan, Sedangkan pemberian vitamin B ini dapat membuat badan segar. Para lansia juga juga  mengkonsumsi  vitamin B1 ini  sayuran seperti singkong, bawang merah, santan kelapa dll, Karena banyak sekali sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin bagi para lansia.selain itu para lansia rajin berolah raga dan istirahat yang cukup. Karena ada pepatah mengatakan bahwa sehat itu sangat mahal, jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati. So…… pada intinya selalu menjaga kesehatan dan selalu memeriksa kesehatan pada saat posyandu diadakan baik posyandu lansia maupun posyandu balita.

(dcd/esnis)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan