JALAN BECEK, WARGA LAKUKAN PENGECORAN JALAN

Warga bergotong Royong membangun jalan | Foto : Dinawan

Jalan Becek, adalah sebuah kondisi musiman yang sudah mendarah daging bagi warga Kampung Bumi Dipasena Sejahtera khususnya dan wilayah Kecamatan Rawajitu Timur pada umumnya. Bagi masyarakat luar Bumi Dipasena yang belum pernah  menginjakkan kaki di areal pertambakan terbesar di Asia Tenggara ini, mungkin akan terbersit sebuah pertanyaan kenapa jalan becek?. By the way bin ngomong-ngomong, admin tak akan menjawab pertanyaan itu, biarlah rasa penasaran menggugah mereka untuk terus penasaran, lalu berkunjung deh ke penghujung timur Lampung yang indahnya tiada tara.

Bermula dari rasa penat berkutat dengan jalan becek (bila musim hujan tiba) Warga RT 008 RW 002 dan RT-RT lainnya di Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, bergotong royong membangun jalan jalur dengan cara di Rabat Beton. Pembangunan jalan Rabat beton tersebut  manfaatnya sangat besar bagi warga, dikarenakan jalan jalur itu merupakan akses utama warga untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Warga sedang memasang patok bumi | Foto : Dinawan

Sebagai ilustrasi di RT 008 RW 002, pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton sepanjang kurang lebih 800 meter, Lebar 40 cm dan ketebalannya mencapai 10 cm tersebut murni swadaya masyarakat. ” Alokasi anggaran  didapat dari iuran warga pada saat panen, yakni sebesar Rp. 500,- (lima ratus rupiah) per kilogram ” demikian dikatakan Ketua RT 008 RW 002 Bapak Khoirul Saleh pada saat pelaksanaan gotong royong di lokasi pembuatan jalan rabat beton, Kamis (20/2). “Pilihan kontruksi jalan cor yang cukup tebal agar lebih kuat dan tahan lama,” imbuhnya lagi.

Pembangunan jalan rabat beton tersebut diperkirakan akan memakan waktu satu sampai dua bulan kedepan mengingat curah hujan dibulan Februari ini cukup tinggi, dan itu sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di wilayah Bumi Dipasena pada umumnya.

Material untuk cor jalan dibeli secara swadaya | Foto : Dinawan

Kegiatan gotong royong dan swadaya murni bagi warga pertambakan Bumi Dipasena adalah kalimat sakti yang telah menjadi kata kunci, untuk terus menggali potensi dan  meningkatkan hasil produksi budidaya udang. Karena sudah terbukti dengan cara gotong royong dan swadaya murni itulah ribuan Petambak di Kecamatan Rawajitu Timur dapat setapak demi setapak beranjak menggeliat menggapai impian dan harapan. Tak hanya membangun jalan rabat beton, aktifitas lainnya pun banyak dilakukan dengan bergotong royong.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan