Tahun Baru, Jembatan Baru

Bumidipasenasejahtera.desa.id – Bermula dari asa dan harapan untuk memangkas waktu tempuh yang cukup lama untuk sekedar menyebrangi kanal selebar ±100 m, dari dan ke Kampung Bumi Dipasena Sejahtera yang selama ini menggunakan ponton penyeberangan sebagai akses utama dari dan menuju Kampung Bumi Dipasena Sejahtera.

Tersematlah sebuah niat masyarakat beserta Jajaran Pemerintahan, Lembaga, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera yang tertuang pada Musrenbang Tahun Anggaran 2016, untuk membangun sebuah Jembatan Besi yang terletak di ujung sebelah barat Kampung, dengan harapan waktu tempuh yang selama ini menjadi kendala dari dan menuju Kampung Bumi Dipasena Sejahtera dapat dilalui dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Sebagai illustrasi, selama ini waktu tempuh yang harus dilalui dari Kampung Bumi Dipasena Sejahtera untuk sampai di Pasar Rawajitu (pusat ekonomi kawasan Rawajitu dan sekitarnya yang juga menjadi pasar terbesar kedua di Kabupaten Tulang Bawang) bisa memakan waktu hampir ±1 jam  dengan menggunakan ponton penyeberangan.

Berbagai upaya, usaha, musyawarah untuk mencapai kata sepakat pun, tak luput menjadi bagian dari perjalanan pembangunan jembatan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, Jajaran Pemerintahan, Lembaga, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera.

Tak kurang dari Rp. 1,3 milyar dana dianggarkan untuk mewujudkan harapan terbangunnya Jembatan Besi ini. Antusiasme masyarakat (swadaya) tercatat sangat mendominasi sumber dana yang ada dalam anggaran perencanaan Pembangunan Jembatan Besi, selain dari Alokasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) melalui Program GSMK (Gerakan Serentak Membangun Kampung) Kabupaten Tulang Bawang.

Alhasil dipenghujung bulan Februari 2016 (28/02), pekerjaan Pembangunan Jembatan Besi mulai dilaksanakan. Tak ada gading yang tak retak. Manusia Cuma bisa berencana, akan tetapi kepastian hanyalah milik Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam perjalanan Pembangunan Jembatan Besi, aral perintang tak lepas singgah kendala tekhnis maupun non tekhnis menjadi salah satu penghambat tercapainya target Pembangunan Jembatan yang direncanakan selesai dalam jangka waktu 200 hari.

persiapan peletakan batu pertama

Meski demikian Pemerintah Kampung dan Kelompok Masyarakat (POKMAS) selaku penanggung jawab dan pelaksana Pembangunan Jembatan Besi, pantang menyerah demi mewujudkan harapan masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera.

Alhamdulillah berkat kerjasama dengan semua elemen masyarakat, walau belum 100% selesai Jembatan utama Kampung Bumi Dipasena Sejahtera sudah bisa dimanfaatkan ” demikian dikatakan Aprianto Harmaidi selaku Kepala Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, pada sambutan acara tasyakuran Jembatan sekaligus menyambut Tahun Baru 2018 yang dilaksanakan di Masjid Baitul Ulum RW 13 (31/12).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lebih lanjut Kepala Kampung menyampaikan, bahwasanya terhitung Hari Senin  tanggal 01 Januari 2018 Jembatan resmi bisa digunakan “dengan mengucap Bismillahirrohmaniroohim, besok (01/01/2018) Jembatan sudah bisa digunakan, semoga memberikan manfaat dan keberkahan bagi seluruh masyarakat dan pengguna Jembatan Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan agar Jembatan kita ini bisa lebih baik lagi ” imbuhnya. Hal senada juga di amini oleh Bapak Ustadz Imam Makhrus dalam tausyiyah nya.

Diakhir sambutan Kepala Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang tak kenal lelah bekerja demi terselesaikannya pembangunan jembatan, baik secara moril maupun materiil.

Acara tasyakuran yang dihadiri oleh Pemerintahan Kampung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, dilaksanakan dengan sederhana. Setelah  pembacaan do’a, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kampung yang diberikan langsung kepada Ketua POKMAS (Bapak Panut) dan juga Pak Man selaku pelaksana dari mulainya pekerjaan pembangunan jembatan hingga hari ini (31/12).

Pemotongan tumpeng tasyakuran Jembatan | Foto:Dok.Kampung.BDS

Dalam pantauan kami hari ini (01/01) cukup banyak masyarakat pengguna jembatan melintas, baik itu yang melaksanakan aktifitas maupun yang sekedar ingin mencoba melintasi jembatan Kampung Bumi Dipasena Sejahtera, yang direncanakan digratiskan hingga 3 (tiga) hari kedepan, (03/01) sebelum adanya kesepakatan tarif dari para pihak yang berkompeten yang direncanakan akan dilaksanakan musyawarah pada hari kamis (04/01).

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan